Sabtu, 22 September 2012

Misteri Blue Diamond di Bawah Pohon Saninten

Jakarta Jam tangan merek Rolex itu tampak melingkar di tangan kanan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo yang diborgol. Menjelang eksekusi pada 12 September 1962, benda mewah itu dilepas oleh aparat.

Sekitar sebulan kemudian, datang utusan Kodam Siliwangi ke kampung keluarga Kartosoewirjo di Bojong, Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Garut, Jawa Barat (Jabar). Utusan itu memberitahu bahwa eksekusi terhadap Imam DI/TII di Jawa Barat itu sudah dilakukan.

Ia juga menyerahkan barang-barang pribadi milik Kartosoewirjo, seperti baju, pipa rokok dan jam tangan Rolex itu. Adalah Sardjono Kartosoewirjo, anak bungsu Kartosoewirjo, yang beruntung mewarisi jam tangan itu.

Namun sayang, meski disimpan dengan rapat di rumahnya, jam itu hilang karena digondol pencuri. Bersama jam warisan itu, ada sebuah benda lagi yang hilang. Sardjono mengakui itu cuma mainan anak-anak.

***

Tulisan lengkap Misteri Blue Diamond di Bawah Pohon Saninten bisa dibaca di edisi terbaru Majalah Detik (edisi 42, 17 September 2012). Edisi ini mengupas tuntas fakta dibalik eksekusi Kartosoewirjo dengan tema ‘Fakta Baru Eksekusi Kartosoewirjo’. Juga ikuti artikel lainnya yang tidak kalah menarik seperti rubrik hukum membahas maraknya terorisme amatiran ‘Seram, Masih Banyak Teman Si Amatiran’ Internasional ‘Dikecewakan Pemanasan Hong Kong’, rubrik gaya hidup ‘Ajari Si Kecil Hemat Listrik’ berita komik ‘Agus Marto Ngamuk’ rubrik seni dan hiburan dan review film “Mother’s Day”, WKWKWK ‘Patuh Buta pada Mertua’, serta masih banyak artikel menarik lainnya.

Tidak ada komentar:

COUNTER EXTREME

Foto saya
anak jambi, paris, Indonesia