Rabu, 30 Mei 2012

5 Sungai Terpanjang di Amerika Serikat (Bagian I)

Di negara adidaya seperti Amerika, terdapat beberapa sungai besar dan sungai dengan titel terpanjang. Misalnya Sungai Mississipi, merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan juga sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Sedangkan di urutan pertama bertengger Sungai Missouri dengan panjang sungai mencapai 3.768 km. Langsung saja untuk mengetahui detailnya, Kami sisihkan 5 sungai terpanjang di negara Amerika Serikat:

1. Sungai Missouri, 3.768 km
Sungai Missouri ialah sungai di barat Amerika Serikat. Merupakan anak sungai Mississippi. Lebih panjang daripada Sungai Mississippi. Kenyataannya merupakan sungai terpanjang di Amerika Utara. Sungai Missouri mengalir melalui Dataran Besar, salah satu bagian terkering Amerika Utara.


Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka





Hulu Sungai Missouri ialah di Pegunungan Rocky, di negara bagian Montana. Sungai Missouri mengalir ke arah timur, melintasi Montana, ke selatan perbatasan dengan Kanada. Memasuki negara bagian North Dakota dan kemudian berbelok ke selatan. Mengalir melalui South Dakota. Kemudian mengalir melalui Iowa, Nebraska, Missouri, dan Kansas.
Sungai Missouri sangat penting untuk penduduk asli Amerika yang tinggal di Dataran Besar. Juga sangat penting dalam sejarah AS. Missouri digunakan sebagai jalur Ekspedisi Lewis dan Clarkpada 1804-1806.

2. Sungai Mississippi, 3.734 km
Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama “Mississippi” berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti “bapak air.”


Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka





Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Mengalir melewati negara bagian Wisconsin,Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.
Mississippi telah menjadi luar biasa penting dalam sejarah AS. Saat pertama kali AS menjadi negara, Sungai Mississippi merupakan perbatasan barat AS. Dalam sejarah AS, Mississippi telah menjadi sangat penting untuk pengangkutan dengan air.

3. Sungai Yukon, 3.190 km
Sungai Yukon adalah anak sungai utama dari barat laut Amerika Utara. Sumber sungai ini terletak di British Columbia, Kanada. Bagian bawah sungai terletak di negara bagian AS Alaska. Sungai ini memiliki panjang 3.190 km dan bermuara di Laut Bering di Delta Yukon-Kuskokwim.  Rata-rata alirannya adalah 6.430 m³ / s.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka





4. Sungai Rio Grande, 3.051 km
Rio Grande adalah sebuah sungai yang mengalir dari barat daya Colorado di Amerika Serikat ke Teluk Meksiko. Sepanjang jalan itu merupakan bagian dari perbatasan Meksiko – Amerika Serikat. Menurut Komisi Perbatasan dan Air Internasional, panjang total sungai ini adalah 3.051 km di akhir 1980-an, meskipun kadang-kadang saja bergeser mengakibatkan perubahan panjang. Tergantung pada bagaimana mengukurnya, Rio Grande adalah terpanjang keempat atau kelima sistem sungai di Amerika Utara. Daerah aliran sungai Rio Grande yang meliputi 182.200 mil persegi.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka





5. Sungai Colorado, 2.330 km
Sungai Colorado adalah sungai utama dari barat daya Amerika Serikat dan barat laut Meksiko. Memiliki panjang 2.330 km yang mencakup tujuh negara bagian AS dan dua negara bagian Meksiko. Bermuara di Pegunungan Rocky di AS, sungai mengalir umumnya di barat daya di Dataran Tinggi Colorado sebelum mencapai Danau Mead di Arizona-Nevada. Setelah memasukkan Meksiko, Colorado membentuk delta besar, bermuara ke Teluk California antara Baja California dan Sonora.

Tidak ada komentar:

COUNTER EXTREME

Foto saya
anak jambi, paris, Indonesia